Jumat, 16 Oktober 2015

makanan yang efektif pengusir racun

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu upaya penting untuk menjaga kesehatan agar tetap prima. Namun, tanpa disadari tubuh banyak menyimpan racun yang membahayakan kinerja organ tubuh lainnya.

Beberapa makanan dianjurkan terus dikonsumsi sebagai detoksifikasi yang akan membantu menetralkan efek overindulging dari makanan yang tidak sehat.

Seperti dilansir dari Times of India pada Kamis, 15 Oktober 2015 diketahui beberapa makanan di bawah ini bagus untuk kesehatan.

1. Bawang Putih
Bawang putih selama ini diketahui sangat bagus untuk kesehatan jantung. Bumbu dapur yang satu ini juga bagus digunakan sebagai detoks makanan karena mengandung sifat antivirus, antibakteri dan antibiotik.

Bahan putih mengandung bahan kimia yang disebut allicin, yang mengedarkan produksi sel darah putih dan membantu memerangi racun.

2.Teh Hijau
Salah satu cara terbaik untuk detoks adalah dengan menambahkan teh hijau ke dalam daftar diet. Teh hijau dapat mendorong racun keluar dari tubuh, karena dikemas dengan kandungan antioksidan.

Selain itu, teh ini juga bagus untuk melindungi fungsi organ hati dari penyakit, seperti menghindarkan lemak-lemak yang menutupinya.

3.Jahe
Jahe sangat bagus diminum setelah banyak mengonsumsi makanan berlemak dan beralkohol. Sehingga dapat meringankan gangguan pencernaan seperti mengurangi mual, kembung dan pembuangan gas.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe, sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sangat bagus menambahkan parutan jahe pada teh atau jus yang akan diminum.

4.Lemon
Salah satu buah yang paling populer dan efektif dalam mendetoks makanan adalah lemon. Buah yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan ini sangat ajaib dalam menjaga kesehatan kulit. Kedua zat itu juga efektik berperang melawan penyakit dengan membentuk radikal bebas.

Lemon juga memiliki sifat basa pada tubuh, sehingga dapat mengembalikan keseimbangan pH tubuh dan membantu sistem kekebalan tubuh. Biasakan untuk mengonsumsi air hangat dengan campuran air lemon agar tubuh bersih dari racun berbahaya.

5.Buah-Buahan
Buah-buahan yang segar mengandung  vitamin, mineral, antioksidan dan serat yang tinggi. Bisa dipastikan kalau semuanya rendah kalori, sehingga sangat bagus untuk mendetoks racun.

Selain bagus untuk kesehatan kulit dan rambut, buah-buahan juga sangat bagus untuk pencernaan. Biasakan sarapan dengan buah atau sebagai camilan saat lapar menyerang.

6.Bit
Buah bit dipenuhi dengan magnesium, zat besi dan vitamin C yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Buah super ini dikenal sebagai makanan yang menjaga kadar kolestrol dan menjaga fungsi hati.

Buah bit dapat dikonsumsi mentah atau dimasak terlebih dahulu. Tapi pada umumnya banyak dinikmati dalam bentuh jus buah.

7. Beras Merah
Beras berwarna merah muda ini tinggi akan kandungan vitamin B, magnesium dan fosfor. Beras ini juga memiliki serat yang tinggi, sehingga bagus untuk membersihkan usus besar. Kandungan selenium dapat membantu melindungi kesehatan hati dan memperbaiki kesehatan kulit.

Sumber: dream,co,id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar